Kamis, 23 Oktober 2014

25 ATURAN TRADING

 
 
MARI DIBACA, SEMOGA BERMANFAAT
Sukses yang diraih seorang trader di pasar adalah secara langsung berhubungan dengan disiplin tradingnya atau kekurangan daripadanya. Disiplin trading adalah 90% dari permainan. Rumusnya sangat sederhana : Trading dengan disiplin dan kamu akan sukses;trading tanpa disiplin dan kamu akan gagal.
Saya telah menjadi seorang trader dan anggota Chicago Board of Trade (CBOT) selama 20 tahun. Selama karir tradingku berhasil sebagai seorang tukang catut (pedagang), saya trade di 3 kontrak pasar yang berbeda: 30-Year Treasury bond (obligasi) di CBOT, the S&P 500 (index saham) di Chicago Mercantile Exchange (CME) dan the Gilts di London International Financial Futures Exchange (LIFFE). Saat ini, saya juga trade the electronic $5 Dow Futures Contract di CBOT jika waktu mengizinkan.
Walaupun pendidikan akademi formal saya adalah Sarjana Muda di Bisnis Administrasi dari University of Denver, saya tidak pernah menganggap diri saya murid yang luarbiasa. Saya tidak punya pelatihan formal di analisis teknikal pasar. Saya bahkan tidak bisa mengatur pelajaran Fibonacci atau pelajaran Moving Average dalam sebuah grafik, biarkan sendiri tahu bagaimana trade dengan data seperti itu. Saya tidak punya pelatihan formal di analisis fundamental. Saya tidak mengerti hubungan sebab musabab ekonomi antara aksi dari Federal Open Market Committee dengan harga-harga Treasury bond (obligasi) atau harga-harga modal.
Bagaiman, kemudian, saya bisa sukses, hari demi hari, trading di market lebih dari 20 tahun? Jawabannya sederhana: Saya trading dengan disiplin, dan saya menghormati pasar. Ketika saya salah arah saya keluar dengan segera, dan ketika arah saya benar, saya tidak terlalu serakah. Saya senang dengan kemenangan-kemenangan kecil dan saya menerima kekalahan-kekalahan kecil.
Tepat seperti sekarang saya menasehati/mementori trading klien-klien saya berkenaan dengan prestasi, disiplin dan manajemen profit/loss, saya (dulunya) dinasehati/dimentori oleh salah satu trader terbaik di lantai CBOT, David Goldberg. David (dulunya) seorang tukang catut (pedagang) yang menjalar lama di dalam lubang gandum dan seorang kepala sekolah dari Golberg Bros, pada waktu itu salah satu firma/perusahaan terbesar di CBOT, CME dan Chicago Board Options Exchange (CBOE). David mengajarkan saya peraturan-peraturan/kebiasaan-kebiasaan dari disiplin trading. Saya mendengar bimbingannya dan secara berangsur-angsur, melewati waktu, menjadi semakin lama semakin sukses. Murid itu sekarang sudah menjadi guru.
Roda Sukses
Ada 3 jari-jari yang membuat, apa yang saya sebut ”Roda Sukses ” sebagaimana berhubungan dengan trading. Jari-jari yang pertama adalahIsi. Isi terdiri dari semua informasi pasar eksternal dan internal yang trader-trader gunakan untuk mengambil keputusan trading. Semua trader harus membayar Nilai Tambah dari Isi yang menyediakan keperluan dalam membuat keputusan trading mereka.
Jenis yang paling penting dari Isi adalah Internal Market Information (IMI)/Informasi Internal Pasar. IMI secara sederhana adalah waktu dan informasi harga yang disebarkan oleh penukaran. Setelah itu, kita membuat keputusan trading dalam masa sekarang berdasarkan waktu dan harga. Dalam upaya “Mencukur Gundul” pasar dengan efektif, kita harus memiliki informasi waktu dan harga yang paling up-to-date tanpa ada halangan sampai pada komputer kita melalui platform yang dapat diandalkan dan/atau grafik. Tanpa informasi waktu dan harga yang seketika itu juga, kita akan trading dalam kegelapan.
Jari-jari yang kedua adalah Mekanis (seluk-beluk). Mekanik adalah bagaimana anda mengakses pasar dan metologi yang anda gunakan untuk enter/exit trading anda. Anda harus menguasai mekanis sebelum anda bisa menikmati sukses sebagai trader. Sebuah kesalahan sederhana bisa mengakibatkan sebuah loss ribuan dolar. Seorang trader bisa mengacaukan seluruh harinya dengan kesalahan enter market yang kurang hati-hati.
Sekali anda menguasai eksekusi order, lebih dulu, itu seperti membawa sepeda. Proses dari enter dan exit (masuk dan keluar) trading menjadi tanpa halangan dan tanpa menggunakan usaha mental yang banyak. Cepat dan efisien eksekusi trading. Khususnya jika anda trading dengan metodologi “Cukur Gundul”, akan membolehkan anda mengambil harga sebelum saingan anda melakukannya. Ingat, yang paling cepat yang bertahan hidup.
Jari-jari yang ketiga dan yang paling penting dalam Roda Sukses adalah Disiplin. Anda harus mencapai disiplin jika anda berharap untuk mencapai level apapun dari sukses trading. Disiplin trading dipraktekkan 100% dari waktu, setiap trading, setiap hari.
Tinjauan dari 25 peraturan dari disiplin trading. Anda harus mengkondisikan diri anda untuk berjalan dengan disiplin terus menerus. Banyak dari trader dan klien saya membaca rules (peraturan-peraturan/kebiasaan-kebiasaan) setiap hari (percaya atau tidak) sebelum sesi trading mulai. Tidak lebih dari 3 menit untuk membacanya. Anggap latihan sebagai doa – mengingatkan anda bagaimana caranya memimpin diri anda sepanjang sesi trading.
1.      Pasar membayarmu untuk disiplin. Trading dengan disiplin akan menaruh lebih banyak uang ke dalam saku anda dan mengambil lebih sedikit keluar. Satu kebenaran yang konstan (terus menerus) mengenai pasar adalah bahwa disiplin = meningkatkan profit (keuntungan).
2.      Disiplinlah setiap hari, dalam setiap trading, dan pasar akan memberimu hadiah. Tetapi jangan menyatakan anda disiplin jika anda tidak 100% disiplin di setiap waktu. Selalu disiplin adalah yang sepenuhnya penting. Tetapi ini bukan sesuatu yang kadang-kadang. Seperti anda menyatakan anda telah berhenti dari kebiasaan buruk, seperti merokok. Jika anda telah menyatakan anda berhenti merokok tetapi anda kadang-kadang diam-diam menyalakan rokok anda, maka anda dengan jelas belum berhenti merokok. Jika anda trading dengan disiplin 9 dari 10 trading, lalu anda tidak bisa menyatakan diri anda trader yang disiplin. Itu adalah satu ketidakdisiplinan trading yang akan betul-betul menyakiti prestasi anda secara keseluruhan dalam sehari. Disiplin harus dilatih dalam setiap trading (transaksi). Ketika saya mengatakan “Pasar akan memberimu hadiah” secara khusus menghargai lebih sedikit loss dalam sebuah trading yang loss daripada anda keras kepala dan menahan (hold) terlalu lama pada trading yang buruk. Demikian, jika saya loss $200 dalam sebuah trading, tetapi saya seharusnya loss $1,000 jika saya tetap dalam trading yang loss tersebut, saya bisa menyatakan saya “menyelamatkan” diri saya $800 dari loss-loss tambahan dengan keluar (exit/liquid/settle) trading buruk dengan tergesa-gesa.
3.      Selalu perkecil lot trading anda jika anda trading dengan buruk. Semua trader yang baik selalu mengikuti kebiasaan/ peraturan ini. Mengapa melanjutkan loss di 5 lot (kontrak) per trading ketika anda bisa menyelamatkan diri anda 1 lot uang dengan memperkecil lot trading turun menjadi 1 lot di trading berikutnya? Jika saya ada 2 trading loss dalam sebaris, saya selalu memperkecil lot trading saya turun menjadi 1 lot. Jika 2 trading saya yang berikutnya profit, saya akan mengembalikan trading lot saya ke ukuran semula. Seperti pemukul di baseball yang kehilangan 2 pukulan pertama. Yang berikutnya dia akan choke up (gagal melakukan sesuatu pada saat penting, biasanya dikarenakan kehilangan rasa percaya diri), memperpendek ayunannya dan mencoba untuk membuat kontak. Sama halnya dengan trading : perkecil jumlah lot trading anda, cobalah untuk membuat sebuah tick (tanda) atau dua – atau bahkan gores tradingnya (scratch the trade) – dan kemudian tambah jumlah lot trading anda setelah 2 trading menang berturut-turut.
4.      Jangan pernah mengubah kemenangan menjadi kekalahan. Kita semua telah melanggar aturan ini. Bagaimanapun juga, itu harus menjadi gol kita untuk mencoba lebih keras untuk tidak melanggarnya lain kali. Apa yang benar-benar kita bicarkan disini adalah faktor serakah. Market telah memberimu hadiah dengan bergerak menuju arah dari posisimu, bagaimanapun, kamu tidak puas dengan kemenangan kecil. Hingga anda menahannya dengan harapan sebuah keuntungan yang lebih besar, hanya untuk melihat market berbalik dan bergerak melawanmu. Tentu saja, tak dapat dielakkan anda sekarang ragu dan trading lebih lanjut memburuk menjadi loss yang besar. Tidak perlu menjadi serakah. Itu hanya satu trading. Anda akan membuat lebih banyak trading sepanjang sesi dan lebih banyak sepanjang sesi-sesi trading berikutnya. Kesempatan ada di market sepanjang waktu. Ingat : Tidak satu trading harus membuat atau mematahkan prestasi anda selama sehari. Jangan serakah.
5.      Kekalahan terbesar anda tidak bisa melampaui kemenangan besar anda. Simpan dan catat seluruh trading anda sepanjang sesi. Jika, misalnya, anda tahu bahwa, sepanjang hari, kemenangan terbesar anda 5 point di e-Mini S&P, kemudian jangan biarkan sebuah trading yang loss melebihi 5 point tersebut. Jika anda membiarkan sebuah loss melebihi keuntungan terbesar anda maka, dengan efektif, anda menghilangkan kemenangan terbesar bersih anda dan kekalahan terbesar adalah sebuah kekalahan bersih dalam 2 trading. Tidak baik.
6.      Kembangkan sebuah metodologi dan gunakan, jangan mengganti metodologi hari demi hari. Saya mewajibkan “murid” saya untuk benar-benar menulis prasyarat spesifik market (susunan-susunan) yang harus terjadi supaya mereka dapat melakukan trading. Saya tidak perlu perduli metodologi apa yang dipakai, tetapi saya mau mereka yakin mereka memiliki sebuah kumpulan peraturan, susunan market atau aksi harga yang harus muncul supaya mereka enter market. Anda harus mempunyai rencana permainan. Jika anda mempunyai metodologi yang terbukti tetapi itu kelihatannya tidak akan berhasil di sesi trading, jangan pulang malam itu dan cobalah untuk menemukan/memikirkan/merencanakan metodologi lain. Jika metodologi anda berhasil lebih dari 1 ½ sesi trading maka gunakanlah.
7.      Jadilah dirimu sendiri dan jangan coba untuk menjadi orang lain. Di dalam seluruh tahun-tahunku sebagai seorang trader saya tidak pernah trading lebih dari 50 lot pada trading individual apapun. Tentu saja, saya suka untuk bisa trading seperti rekan-rekan kerja yang secara bertahap trading 100-200 lot per trading. Bagaimanapun juga, saya tidak memiliki kebutuhan kumpulan kemampuan psikologi atau emosi untuk trading dengan jumlah lot sebesar itu. Itu OK. Saya tahu bahwa zona kenyamanan saya adalah antara 10 dan 20 lot per trading. Khususnya, jika saya trading lebih dari 20 lot, saya akan “menyembelih” trading tersebut. Secara emosional saya tidak dapat menangani jumlah lot tersebut. Trading tersebut akan tak terelakkan berbalik menjadi sebuah kekalahan karena saya tidak dapat trading dengan level bakat yang sama yang saya miliki dengan sebuah 10 lot. Belajar untuk menerima zona kenyamanan anda selama itu berhubungan dengan jumlah lot trading. Anda adalah siapa anda.
8.      Anda selalu ingin bisa kembali lagi dan bermain di hari berikutnya. Jangan pernah menempatkan diri anda dalam posisi sulit dari kehilangan lebih banyak uang dari yang anda mampu. Perasaan terburuk di dunia adalah keinginan untuk trading tetapi tidak bisa melakukannya karena equity dalam rekening anda terlalu sedikit dan perusahaan broker anda tidak akan mengizinkan anda melanjutkannya kecuali anda mengajukan lebih banyak dana. Saya mewajibkan murid saya untuk menaruh limit harian dari ketidakuntungan situasi dalam prestasi mereka. Sebagai contoh, limit loss anda tidak boleh lebih dari $500. sekali anda mencapai limit loss $500, anda harus mematikan komputer anda. Anda selalu bisa kembali lagi besok.
9.      Dapatkanlah hak untuk trading lebih besar. Terlalu banyak trader baru berpikir bahwa karena mereka memiliki $25,000 equity dalam rekening trading mereka yang  mereka entah bagaimana memiliki hak untuk trading 5 atau 10 kontrak e-Mini S&P. Ini tidak bisa lebih jauh dari kebenaran. Jika anda tidak bisa trading 1 lot dengan sukses, apa yang membuat anda berpikir bahwa anda mempunyai hak untuk trading 10 lot? Saya meminta murid saya menunjukkan kepada saya trading profit sepanjang kursus dari 10 trading yang berurutan. Trading hanya dengan 1 lot. Ketika mereka telah meraih 10 hari profit, di mata saya, mereka telah mendapatkan hak untuk trading 2 lot untuk 10 sesi trading selanjutnya. Ingat : jika anda trading dengan buruk dengan 2 lot anda harus mengurangi jumlah lot anda menjadi 1 lot .
10.  Keluarlah dari kekalahan anda. Anda bukan seorang “Pecundang” karena anda mempunyai trading yang loss. Anda adalah, bagaimanapun juga, seorang pecundang jika anda tidak keluar dari trading loss anda segera sesudah anda mengenali bahwa trading tersebut tidak bagus. Yang menakjubkan bagiku seberapa akurat gut(?ketekunan???) anda adalah seperti sebuah indikator market. Jika di dalam gut(?ketekunan???) anda, anda mempunyai pendapat bahwa trading tersebut tidak bagus maka mungkin tidak bagus. Waktunya keluar/liquid/settle. Setiap trader mempunyai trading-trading loss sepanjang sesi. Sebuah trading sehari khusus bagiku terdiri dari 33% trading loss, 33% goresan (scratch) dan 33% profit. Saya keluar/liquid dari loss/kekalahan saya dengan sangat cepat. Itu tidak banyak merugikan saya. Jadi, walaupun saya punya baik loss maupun goresan selama 2/3 dari trading saya sehari, saya masih pulang sebagai pemenang.
11.  Loss pertama adalah loss yang paling baik. Segera sesudah anda menyadari bahwa trading anda tidak bagus, yang terbaik adalah keluar/liquid/settle dengan secepatnya. “Tidak akan pernah menjadi pecundang sampai anda keluar/liquid/settle” dan “Tak perlu cemas, itu akan kembali” sangat sering diucapkan oleh trader. Sekali ucapan ini dikeluarkan, itu adalah penegasan bahwa trader menyadari bahwa tradingnya tidak bagus, itu tidak akan kembali dan waktunya keluar/liquid/settle.
12.  Jangan berharap dan berdoa, jika anda lakukan anda akan loss. Ketika saya masih seorang trader baru dan tidak disiplin, saya tidak bisa memberitahukan kepada anda berapa kali saya berdoa kepada “Dewa Obligasi”. Doa saya adalah sebuah permohonan untuk membantu saya keluar dari sebuah posisi trading yang kurang menyenangkan. Saya akan berdoa pada beberapa macam intervensi (campur tangan) keajaiban Tuhan yang, dengan cara tersebut, tidak pernah terwujud. Saya segera menyadari bahwa berdoa pada “Dewa Obligasi” atau “Dewa Futures” yang lain adalah sebuah latihan yang sia-sia. Keluar/liquid/settle saja.
13.  Jangan cemas dengan berita, itu adalah sejarah. Saya tidak pernah mengerti mengapa begitu banyak trader online mendengarkan atau menonton CNBC, MSNBC, Bloomberg News atau FNN sepanjang hari. Si “Kepala-Kepala Yang Berbicara” di program tersebut mengetahui sangat sedikit tentang kedinamisan market dan aksi harga market. Sangat sedikit, jika ada, bahkan sudah pernah trading 1 lot di bursa. Masih mereka menyatakan sebagai ahli segalanya. Sebelum menjadi seorang “Ahli Market dan Ahli Trading,” pria di CNBC memberi laporan per jam dari obligasi pit (?lubang/terowongan???), adalah seorang dealing di lantai trading. Jelas ini memenuhi syaratnya untuk menjadi seorang ahli! Dia, dan yang lain tidak bisa menyediakan kegunaan bagi anda. Dibayar untuk apa yang sebenarnya adalah pertunjukan. Faktanya adalah : laporan yang anda dengar di program bisnis adalah “berita lama.” Ceritanya telah dipotong dan dikonsumsi oleh peserta market professional jauh sebelum “berita” disebarkan. Jangan trading dari laporan. Terlalu terlambat.
14.  Jangan berspekulasi, jika anda lakukan anda akan loss. Di dalam tahun-tahun dimana saya telah menjadi trader dan bergabung dengan trader-trader, saya tidak pernah bertemu dengan spekulator yang sukses. Tidak mungkin untuk berspekulasi dan secara terus-menerus mencetak kemenangan besar. Jangan jadi spekulator, jadilah trader. Cukur-gundul short-term (jangka pendek) dari market adalah jawabannya. Kemungkinan dari sebuah hari atau minggu kemenangan bertambah dengan hebat jika anda trading short-term : kemenangan kecil dan bahkan kekalahan kecil.
15.  Belajar mencintai kehilangan uang. Aturan ini adalah salah satu yang saya dapat dari sebagian besar pertanyaan-pertanyaan dan balasan trader-trader di seluruh dunia. Trader bertanya “Apa maksudmu, belajar mencintai kehilangan uang. Apa anda gila?” saya tidak gila. Apa yang saya maksud adalah menerima kenyataan bahwa anda akan mengalami trading loss sepanjang sesi. Keluar dari kekalahan anda segera. Itu akan menyelamatkan banyak modal trading anda dan akan membuat anda seorang trader yang lebih baik.
16.  Jika trading anda tidak bergerak kemana-mana dalam timeframe manapun juga, saatnya keluar. Aturan ini berhubungan dengan teori arus modal. Adalah modal trading yang mendorong market satu arah atau arah lain. Sebuah kelebihan penawaran atau ketidakseimbangan pesanan buy akan mendorong market naik. Sebuah kelebihan penawaran pesanan sell akan mendorong market lebih rendah. Ketika stagnant pasar muncul (secara khusus sering terjadi sepanjang sesi trading), market dan para pesertanya sedang memberitahu kita, pada waktu tersebut, mereka senang dan puas dengan penawaran yang berlaku. Anda tidak mau berada dalam market pada saat tersebut. Market tidak akan bergerak kemana-mana. Itu adalah pemborosan waktu, modal dan energi emosional. Lebih baik menunggu market panas sedikit kemudian ambil posisi trading anda.
17.  Jangan pernah mengambil loss yang besar, hanya loss yang besar yang bisa melukai anda. Tolong lihat kembali aturan No5, 8, 10, 11 dan 15. Jika anda mengikuti peraturan tersebut semua anda tidak akan pernah melanggar aturan no17. Loss yang besar menghalangi anda untuk mendapatkan hari kemenangan. Mereka menyapu bersih terlalu banyak kemenangan-kemenangan kecil yang telah anda raih susah payah. Kekalahan besar juga “membunuh anda” dari pendirian psikologi dan emosi. Membutuhkan waktu yang lama untuk memulihkan kembali rasa percaya diri anda setelah sebuah loss yang besar dalam satu trading.
18. Buatlah sedikit-sedikit setiap hari, galilah parit-parit anda, jangan mengisinya. Ketika saya seorang trader obligasi muda, target saya adalah membuat 10 bond tic. 1 tic adalah $31.25, jadi jika saya membuat 10 tic dalam sehari, saya telah naik $312.50. Itu tidak akan kedengaran banyak bagi anda, tapi tentu saja iya bagi saya. Mentor saya, David Goldberg, memberitahu saya jika saya bisa membuat 10 bond tic setiap trading setiap hari setiap tahun, pada akhir tahun saya telah naik $72,500 di dalam rekening saya. Tidak buruk bagi anak 23 tahun di tahun 1982. Sungguh menabjubkan bagaimana cepatnya rekening trading anda akan dibangun setiap waktu hanya dengan membuat sedikit setiap hari. Jika anda baru di e-Mini S&P trader cobalah untuk membuat hanya 5 atau 6 point per hari. Jika anda bisa membuatnya anda akan memiliki $72,000 pada akhir tahun.
19. Pukul single bukan home runs. Tepat seperti para spekulator sukses yang mana saja yang tidak saya ketahui, saya tidak tahu trader yang mana saja yang masuk dalam trading berharap untuk memukul home run dan kemudian terjadi. Anda seharusnya tidak mendekati sebuah trading dengan pendapat bahwa itu akan menjadi kemenangan/profit besar. Kadang-kadang itu terjadi, tetapi beberapa kali saya memukul home run pada posisi saya adalah kebanyakan keberuntungan tentu saja, bukan keahlian. Maksud saya dalam trading adalah untuk menghasilkan sebuah kemenangan kecil tetapi, karena saya sedang punya trading, dan pada saat yang bersamaan (sebagaimana keberuntungan akan memilikinya), The Fed enter market dengan tidak disangka, saya memiliki kemenangan besar dengan tidak sengaja. Ini mungkin telah terjadi pada saya kurang dari 5 kali dalam 20 tahun.
20. Secara terus-menerus bangun rasa percaya diri dan Kontrol. Betapa menyenangkannya bisa menghidupkan komputer anda di pagi hari dan mengetahui bahwa jika anda bermain mengikuti aturan, trading dengan disiplin dan berpatokan pada metodologi anda, kemungkinan dari hari sukses adalah tinggi. Saya telah mempunyai tahun-tahun dimana sangat jarang terjadi hari loss bagi saya. Tidakkah anda berpikir bahwa konsistensi ini mengizinkan saya menjadi luar biasa percaya diri ? saya tahu bahwa saya akan mendapat uang pada hari apapun yang diberikan. Mengapa saya tidak berpikir sebaliknya ? mendapatkan sedikit setiap hari (Aturan No18 dan 19) akan mengizinkan anda untuk trading sepanjang sesi trading dengan percaya diri dan kontrol. Ingat aturan No 9 : Jika anda membuat sedikit-sedikit setiap hari, maka anda telah mendapatkan hak anda untuk trading lebih besar. Demikian, dengan mengikuti peraturan-peraturan disiplin, “Sedikit-sedikit” anda bisa segera berubah menjadi lebih banyak hari-hari profit.
21. Belajar untuk khawatir dengan kemenangan-kemenangan anda. Efek bersih dari khawatir dengan kemenangan-kemenangan anda akan menjadi sebuah kemenangan rata-rata yang meningkat per trading ketika menerima loss anda pada parameter resiko pra-definisi. Anda seharusnya tidak pernah khawatir dengan loss anda. Jika jumlah lot trading anda lebih dari 1 lot dan trading anda loss, anda harus keluarkan seluruh posisi secara bersamaan pada waktu yang sama. Jika jumlah lot trading anda lebih dari 1 lot dan trading anda profit, yang paling baik adalah keluar 1 ½ dari posisi anda pada harga target anda yang pertama. Jika anda trading dengan proteksi stop-loss order, anda harus mengamandemen/mengubah order tersebut untuk mewakili perubahan dalam jumlah lot trading (ingat anda telah keluar 1 ½ dari posisi anda) dan menaikkan atau menurunkan harga stop tersebut, tergantung dari posisi buy atau sell untuk harga entry trading asli yang permulaan. Anda sekarang pada dasarnya “bermain dengan uang rumah.” Anda tidak bisa kalah dengan posisi yang tersisa, dan itu jelas adalah sebuah posisi fantastis yang anda letakkan. Taruhlah limit order beberapa tic di atas atau di bawah market, tergantung dari posisi anda, duduk kembali dan santai.
22. Buatlah tipe trading yang sama secara berulang-ulang-Jadilah seorang tukang batu. Seorang tukang batu muncul pada setiap hari kerjanya dan bekerja dengan metodologi yang sama – batu demi batu demi batu. Konsistensi yang sama berlaku bagi trader juga. Mohon lihat kembali peraturan no.6 dan 20. Saya belum merubah metodologi trading saya dan pelaksanaan strategi dalam 20 tahun. Saya rasa saya adalah seorang tukang batu.
23. Jangan terlalu analisis berlebihan, jangan tanggung-tanggung, jangan ragu-ragu. Jika anda melakukannya anda akan kalah / loss. Saya tidak bisa memberitahu anda berapa banyak trader telah datang ke kantor saya dengan depresi mengerikan karena mereka “mengetahui” market berjalan satu arah atau berlainan; bagaimanapun juga, mereka gagal mengambil posisi. Ketika saya bertanya kepada mereka kenapa,  respon mereka selalu sama : Mereka tidak mau mengejar market. Mereka menunggu harga yang paling bagus yang mungkin (dan tidak pernah dapat), atau hanya 2 dari 3 indikator mereka memberikan tanda dan mereka menunggu yang ke-3. Hasil bersih dari semua ketanggung-tanggungan dan keragu-raguan adalah trader benar dalam menarik kesimpulan arah market tetapi profitnya adalah nol. Kita tidak dibayar dalam bisnis ini kecuali kita mengambil posisi. Jangan terlalu analisa berlebihan. Ambil posisi kemudian atur/manage posisi tersebut. Jika anda salah, keluar. Tetapi anda tidak akan benar jika anda tidak mengambil posisi.
24. Semua trader diciptakan sama posisinya di mata market. Kita semua memulai hari yang sama. Kita semua mulai dari nol. Begitu bell dibunyikan dan trading mulai berjalan. Adalah bagaimana kita memimpin diri kita sendiri dari kelakuan yang akan mendikte apakah kita akan profit hari ini atau tidak. Jika anda mengikuti aturan no.25, anda akan melakukannya dengan baik. Jika tidak anda akan melakukannya dengan buruk.
25. Adalah market sendiri yang memegang keadilan dengan skala paling baik. Market bergerak kemana saja dia mau pergi. Market tidak perduli dengan anda atau saya. Tidak ada anak bawang. Tidak ada diskriminasi. Tidak ada kesengajaan untuk membahayakan individu manapun. Market selalu benar. Anda harus belajar menghormati market. Market akan menghukum anda dengan tanpa ampun dan tanpa belas kasihan jika anda tidak bermain menurut aturan. Belajarlah untuk mengkondisikan diri anda untuk bermain dengan 25 peraturan dari disiplin trading forex dan anda akan diberi imbalan.


SUMBER DARI : INSPIRASIDAILY.COM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar